Dalam penyusunan RPP banyak
teman-teman mengalami kesulitan khususnya menentukan langkah-langkah dalam
pelaksanaan pembelajaran, terkhusus lagi pada kegiatan intinya, apalagi
sekarang ada suatu kewajiban dimana kegiatan inti tersebut harus kegiatan inti yang
PAIKEM (Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan). Berikut
ini kami cuplik-kan point-point dalam pembelajaran PAIKEM (kami ambil dari
Petunjuk Teknis Pengisian Instrumen Akreditasi SMP/MTs butir nomor 23)…
Pelaksanaan pembelajaran yang
PAIKEM, meliputi:
1) Kegiatan
pendahuluan.
Dalam kegiatan pendahuluan, guru;
a. Menyiapkan siswa secara psikis
dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
b. Mengajukan
pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang
akan dipelajari.
c. Menjelaskan tujuan
pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
d. Menyampaikan cakupan materi
dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus.
2) Kegiatan inti
(eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi).
A. EKSPLORASI
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Melibatkan siswa mencari
informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari
dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka
sumber.
b. Menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran dan sumber belajar lain.
c. Memfasilitasi terjadinya
interaksi antarsiswa serta antara siswa dengan guru, lingkungan, dan sumber
belajar lainnya.
d. Melibatkan siswa secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran, dan
e. Memfasilitasi siswa melakukan
percobaan di laboratorium, studio atau lapangan.
B. ELABORASI
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Membiasakan siswa membaca dan
menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna.
b. Memfasilitasi siswa melalui
pemberian tugas, diskusi dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis.
c. Memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah dan bertindak tanpa rasa takut.
d. Memfasilitasi siswa dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif.
e. Memfasilitasi siswa
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar.
f. Memfasilitasi siswa membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis secara individual
maupun kelompok.
g. Memfasilitasi siswa untuk
menyajikan hasil kerja secara individual maupun kelompok.
h. Memfasilitasi siswa melakukan
pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan.
i. Memfasilitasi siswa melakukan
kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri siswa.
C. KONFIRMASI
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
a. Memberikan umpan balik positif
dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan siswa.
b. Memberikan konfirmasi terhadap
hasil eksplorasi dan elaborasi siswa melalui berbagai sumber.
c. Memfasilitasi siswa melakukan
refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.
d. Memfasilitasi siswa untuk
memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
(1) Berfungsi sebagai narasumber
dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan siswa yang menghadapi kesulitan,
dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar.
(2) Membantu menyelesaikan
masalah siswa dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi.
(3) Memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh, dan
(4) Memberikan motivasi kepada
siswa yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3) Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
a. Bersama-sama dengan siswa
dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
b. Melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram.
c. Memberikan umpan balik
terhadap proses hasil pembelajaran.
d. Merencanakan kegiatan tindak
lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling
dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan
hasil belajar siswa.
e. Menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Sumber: http://kelassenirupasuyono.wordpress.com/2011/09/22/pelaksanaan-pembelajaran-yang-paikem/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar